Langsung ke konten utama

KEDELAI , MAKIN DIGALI MAKIN TERBUKTI

Menurunkan Kadar Kolesterol, Melindungi Jantung.

  • American Heart Association merekomendasikan setiap orang untuk makan kedelai dan olahannya (seperti susu kedelai). Dalam 3 bulan mengkonsumsi kedelai yang cukup, hasilnya menunjukkan peningkatan HDL rata-rata 4,7%. HDL akan membawa materi penyumbat arteri keluar dari pembuluh darah untuk dibuang. Beberapa studi menunjukkan bahwa menambahkan kedelai dan olahannya dalam diet dapat membantu mereka yang kadar kolesterolnya tinggi, terutama untuk menggantikan daging, susu dan keju.
  • Niasin merupakan vitamin golongan B komplek yang terdapat pada produk kedelai dan olahannya, yang dapat meningkatkan kolesterol baik HDL (High Density Lipoprotein) dan menurunkan kolesterol jahat LDL.
  • Selain menurunkan kolesterol dan bersifat antioksidan, konsumsi isoflavon (dari kedelai) lebih dari 50 mg/hari dapat menghambat atherogenesis, yaitu proses terjadinya penyumbatan pembuluh darah pada jantung. Manfaat lainnya yakni menurunkan diastolik tekanan darah, memperbaiki elastisitas pembuluh darah, dan mencegah penyempitan pembuluh darah koroner.

Mempertahankan Masa Tulang

  • Osteoporosis atau keropos tulang dapat terjadi pada pria dan wanita. Namun wanita berpeluang mengalaminya 4X lebih besar dari pria, terutama yang telah mengalami menopause (menurunnya produksi hormon estrogen). Pada kedelai dan olahannya terdapat senyawa alami mirip estrogen, yang disebut fitoestrogen. Fitoestrogen telah terbukti mampu menghambat osteoporosis.
  • Banyak mengkonsumsi susu kedelai yang kaya isoflavon dapat mempertahankan tulang tengkorak maupun tulang belakang (vertebra) sehingga mampu bersifat osteoprotektif.
  • Bahram H. Arjmandi dari Departement of Nutritional Sciences, Oklahoma State University melaporkan bahwa konsumsi 40g protein kedelai setiap hari selama 3 bulan pada wanita pascamenopause, secara nyata menurunkan ekskresi deoksipiridinolin (Dpd) urin. Dpd merupakan marker (penanda) spesifik untuk resorpsi sel-sel tulang. Dpd urin rendah berarti proses resorpsi sel-sel tulang berlangsung baik.
  • Terdapat dua alasan mengapa kedelai meningkatkan pembentukan tulang. Pertama, isoflavon kedelai menstimulasi aktivitas osteoblastik (pembentukan sel-sel tulang) melalui aktivitas reseptor-reseptor estrogen. Kedua, kedelai atau isoflavonnya meningkatkan produksi hormon pertumbuhan: insulin-like growth factor -1 (IGF-1).

Pencegah Kanker & Tumor

  • Penelitian Dr J Mark Cline 1999, asisten guru besar obat komparatif dari Wake Forest University menunjukkan, tambahan kedelai bisa menurunkan pertumbuhan tidak normal sel payudara dan endometria, dengan demikian menurunkan risiko kanker pada jaringan-jaringan itu (payudara & rahim).
  • Penelitian di Laboratorium Gizi University of Buffalo, New York, menunjukkan, fitosterol (lemak nabati yang banyak terdapat pada kedelai) dapat mengurangi pertumbuhan tumor prostat hingga 40% dan dapat mengurangi penyebaran kanker ke bagian tubuh lain, seperti limpa dan paru-paru hingga 50%.
  • Penelitian terhadap 1.700 wanita yang dilakukan oleh Institut Kanker Shanghai mengatakan semakin banyak kedelai dan olahannya yang mereka konsumsi semakin kecil kemungkinan mereka akan mendapatkan kanker. (Jurnal Kedokteran Inggris)


Manfaat Lainnya

  • Semakin bertambah usia, jumlah enzim laktase dalam tubuh semakin berkurang. Mereka yang telah berusia di atas 40 tahun tidak aman lagi untuk minum susu hewani. Gantilah susu Anda dengan susu kedelai.
  • Protein dari kedelai dan olahannya merupakan satu-satunya sumber protein nabati yang mempunyai susunan asam amino esensial paling lengkap.
  • Ilmuwan dari Johns Hopkins Medical Institute menemukan manfaat lain kacang kedelai dan olahannya yaitu dapat menghilangkan rasa sakit. (Jurnal Neuroscience Letters;Januari 1999)
  • Lesitin pada susu kedelai dapat mencegah terjadinya PJK, stroke, dan dementia (penurunan daya ingat/pikun) pada penderita dengan lemak darah tinggi dan penderita diabetes.
http://kkindonesia.com/tips_kesehatan_kedelai.asp

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kemahasiswaan.stai-ibnurusyd.ac.id

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Rusyd di Kotabumi, Lampung Utara, merupakan sebuah perguruan tinggi Islam yang memiliki reputasi yang sangat baik. STAI Ibnu Rusyd telah menjadi kebanggaan bagi masyarakat Lampung Utara dalam upaya transformasi dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang didasarkan pada prinsip-prinsip Islam.

Discount Card

Mau dapet diskon produk health & beauty dari Tips Kesehatan Online? Disini, anda bisa mendapatkan sebuah "discount card" dari PT. KK Indonesia yang dapat anda gunakan pada saat pembelian. Dengan discount card ini, anda bisa membeli dengan harga distributor yang jauh lebih murah. Tidak hanya itu, discount yang diberikan kepada anda semakin lama akan bertambah. Jika anda tidak egois, bantu teman / saudara / kerabat yang membutuhkan untuk ikut mendapatkan discount card seperti anda. Setiap orang yang anda bantu, PT. KKI akan menambah nilai discount kepada anda. Discount bisa diambil berupa uang tunai. Bagaimana cara mendapatkan discount card ? Cukup dengan membeli paket produk yang anda butuhkan , memberikan informasi data diri, dan melampirkan fotocopy KTP, anda sudah dapat memiliki sebuah discount card beserta layanannya. belum tertarik menggunakan kartu diskon? Silakan gunakan daftar harga konsumen (tanpa diskon) berikut ini. Pendaftaran Online: kirimkan informas

Daftar Harga Konsumen

berikut ini adalah daftar harga konsumen kecuali Natuna, Palu, Tarakan, NTB, NTT, Kupang, Maluku, Papua. Dapatkan harga diskon dengan membeli paket kartu diskon produk health & beauty. Pemesanan diatas Rp300.000 terbebas dari ongkir (Ongkos kirim)*. Hubungi sehatonlinetips@yahoo.co.id untuk informasi dan pemesanan. Produk Nutrisi dan Suplemen: OGF (ORIGINAL GREEN FOOD) 300gr, Rp330.000 Niwana SOD 30 sachets, Rp590.000 Niwana SOD 3x20 sachets, Rp1.480.000 SUPERGREEN FOOD 100 tabs, Rp96.000 SUPERGREEN FOOD 500 tabs, Rp390.000 GOLDEN OIL 60 softgel, Rp280.000 V-PLUS 4 caps, Rp110.000 FEMELIK 20 caps, Rp185.000 VITAMIN C 1000 TIME RELEASE 30 tabs, Rp83.000 FAT METABOLIZER 30 tabs, Rp138.000 COLOSTRUM MILK 100 tabs, Rp106.000 SMART GROW 60 tabs, Rp200.000 VITAMIN C Plus (1000 TIME RELEASE) 30 tabs, Rp110.000 CG-GOLD 30 tabs, Rp200.000 Produk Kesehatan Umum: BMC (BIO MULTIPLE CREAM) 60 gr, Rp190.000 NATESH 10 pcs, Rp400.000 NATESH (2 BOX FREE 1) 3x10 pcs, Rp800.000 KANGZEN ELECTRICAL